Kamis, 18 Oktober 2012

Ball Python ( Python regius )


Ball python tidak termasuk jenis ular yang berbisa. Merupakan ular yang cocok untuk hobies pemula, karena sifatnya yang tidak galak dan cara pertahanan dirinya yang bukannya menggigit melainkan menggulungkan dirinya membentuk seperti bola. Ukuran max rata-rata ball python sekitar 90-120cm. Usia bisa mencapai lebih dari 40th untuk ular yang berasal dari Africa ini.



Ball Pyhtons (Python regius) banyak ditemukan di pinggiran hutan bagian tengah dan barat benua Afrika. Mereka termasuk jenis ular yang hidup dengan baik di pohon dan tanah. Ball Phyton termasuk crepuscular, aktif di saat matahari tenggelam dan menyingsing.
Di Eropa mereka disebut Royal Python, di Amerika disebut Ball, karena suka melingkar seperti bola apabila mereka lagi tidak nyaman, sambil menarik kepala kebagian tengah lingkaran. Seperti jenis python yang lain, Ball Python termasuk jenis ular yang lembut/kalem dan selalu ingin tahu. Panjang Ball Python biasanya sekitar 1,2m; ada juga sih yang panjangnya lebih dikit dari 1,5m. Kalau pemberian makannya bagus maka tubuh Ball Python akan berbentuk cantik dan bulat.
Ular jantan memiliki tanduk/kuku yang lebih panjang dari betina, jantan juga cenderung memiliki kepala lebih kecil dibanding betina.


Ball Python di habitat aslinya senang berburu bermacam-macam jenis makanan segala jenis amphibi, kadal, ular dr jenis yg lain, burung dan mamalia kecil. Di habitatnya mereka tidak makan tikus, bahkan tangkapan liar Ball Python cenderung pilih-pilih makanan.

Ball python termasuk ular yg kuat menahan lapar, bahkan pernah ditemukan kasus ular Ball Python tangkapan liar yg tidak mau makan selama 1 tahun, yang akhirnya gak kuat juga trus makan kadal. 
Jangan menerapkan diet seperti ini kalau kalian piara Ball Python ya, apalagi jadi alasan memelihara ular, karena gampang kasi makan (setaun sekali). 

Dan kalo ada Pet seller yg bilang ?Ini Ball Python-nya makan terus lahap sehari 3 kali?  jangan dipercaya ya!.Karena gak mungkin dia sehat kalo makannya seperti itu.
Lebih baik membeli Ball Python dari breeder, jangan hasil tangkapan liar. Setelah membeli, biarkan dulu si Ball Python di kandangnya selama 5-7 hari baru diajak bersosialisasi. 

Dengan naiknya peminat reptile, maka berkurang pula jumlah Ball Python di alamnya. Lebih dari 60,000 Ball Python di impor setiap tahunnya, ada yg dipiara dan banyak juga yg dimakan dan di ambil kulitnya. Ball Python memiliki tingkat reproduksi yang rendah, selain itu Ball Python juga suka membawa bibit parasit, ini banyak tidak diketahui oleh para pemula peminat ular.

Di penangkaran Ball Python menginjak masa dewasa di usia tiga sampai lima tahun. Betina biasanya bertelur sejumlah empat sampai 10 butir. Ball Python betina akan menunggui telur selama 3 bulan, tidak makan. Ball pyhton tertua yg sempat ditemui berusia 48 tahun. 

Cara memilih Ball Python, pilih yang memiliki kulit yg kencang dan bersih. Bentuk tubuh yang bulat, mata yang jernih, sering menjilat-jilat kalau di handle, anus yg bersih. Semua Ball Python biasanya pemalu, gak suka dipegang kepalanya..kecuali udah ?bau tangan? manusia alias piaraan lama.

Reaksi normal dari Ball Python kalo dipegang adalah menarik mundur kepalanya secara cepat apabila ada yg menyentuh. Ketika dipegang/dipangku Ball Python biasanya akan ?memeluk? bagian tubuh dmana anda meletakkannya, tapi tidak membelit keras ya! Dan dia biasanya sangat berhati-hati dan awas terhadap lingkungan sekitarnya. Karena di alamnya anak ular jadi makanan ular lain , biasanya baby ular Python agak sedikit tapi seiring dengan jalannya waktu dia kan menjadi lebih tenang.

Kandang yang aman. Pilih kandang yg special untuk ular, misalnya yg terbuat dari kaca yg ada gemboknya di bagian atas atu depan. Semua ular senang mencari jalan atau celah untuk KABUR !.
Ball Pyhton sendiri sangat kuat dan tricky kalo udah punya rencana untuk melarikan diri. Untuk baby Ball, gunakan kandang kaca ukuran 10 gallon (kira-kira 50 x 25 cm). Untuk BP yg masih remaja/ABG gunakan sekitar 20 gallon, dan dewasa di 30 gallon (91 x 35 cm).
Memilih alas dasar kandang paling bagus (ekonomis dan bersih) gunakan ?paper towel?, atau koran. Karena di dua bahan ini ular sangat mudah dideteksi kalau buang hajat dan kutu-kutu. Setelah hewan agak besar, ukuran remaja baru deh pake substrate atau bedding istilahnya,seperti potongan/serbuk kayu khusus untuk ular, jangan kayu sembarangan ya (apalagi yg dr pohon pinus, bisa2 kemakan pas lagi makan, dan mengganggu sitem pernapasan).Periksa tiap hari, kalau ular buang air di serbuk cepat2 di buang,untuk menghindari tumbuhnya jamur dan bakteri serta parasit. Pilih substrate yg sesuai dengan jadwal pembersihan kandang dan tingkat kerepotan hidup anda! Jangan maksa pengen yg indah-indah tapi gak bias bersihin tiap hari. Kasian ularnya.Jangan lupa kasi kotak sembunyi ular, bisa dari kayu, plastik atau lain yg tidak beracun.
Jangan pilih yg transparan ya, karena ular jg butuh privacy, dia suka tidur ditempat yg super gelap, sesuaikan dengan ukuran ular (harus pas, jangan longgar atau kekecilan). Kalo dia udah besar ya box nya harus d ganti. Ada baiknya kalo disediakan juga kayu/ranting yang kuat untuk dia bertengger. 

Temperature yg ideal akan membuat ular anda gembira!. Suhu rata-rata sekitar 27-29C dan daerah berjemur sekitar 32.5C. Pada malam hari suhu sebaiknya sekitar 23-24C. Gunakan 2 thermometer, satu d tengah dan satu lagi d dekat daerah berjemur. Tidak ada special lighting utk Ball Python, dia suka tempat gelap tapi hangat. Jadi jangan pake lampu yg terang benderang. 

Bayi BP sebaiknya diberi makan tikus yg sudah dibunuh (sorry) usia 5-10 hari, satu ekor tiap minggu. Untuk BP yg remaja diberi makan 2 tau 4 ekor tiap minggunya. Jangan memaksa ular utk makan, kalau anda pemula di dunia ular. Karena kan menyebabkan ular sakit dan mati. Sediakan air bersih tiap hari, maksudnya air harus diganti tiap hari ya. Ball Python perlu air utk minum, mandi dan buang hajat. Seringnya sih d satu tempat, jadi selalu cek, kalo dah kotor kena sesuatu ya d ganti yang baru. 

Kalau anda melihat kulit ular sudah mulai kelihatan kusam dan matanya jadi abu2 kebiruan maka ini saatnya dia mau ganti kulit, jadi sediakan air hangat dan masukkan dia ke air hangat utk membantu proses ganti kulit. Hanya selama 10 menit!!..Setelah itu kembalikan lagi ke kandangnya. Maka dalam waktu kurang lebih 24 jam kulit lama akan lepas.

Jadi untuk kesimpulan diatas ada 11 Hal yg Perlu diketahui tentang Ball Python (Python Regius)

1. Ball Python tidaklah terlalu besar
Ball python Dewasa berukuran antar 130cm – 180cm, apabila di alam liar umunya ukuran ball python dewasa hanya berkisar 140cm sangatlah jarang menemukan ball python di alam liar yg mempunyai ukuran lebih besar dari 140cm. sebagai hewan peliharaan manusia ball pyhon mengalami pertumbuhan sekitar 35cm tiap tahun di awal tiga tahun pertama, setelah 3 tahun pertumbuhan menurun bahkan berhenti.

2. Ball Python mempunyai umur yg relatif lama
Umur ballpyhon relatif lama, mereka bisa hidup sekitar 20 tahun tetapi jika bemar2 dirawat dengan baik mereka bisa hidup sampai 30 tahun, sudah ada yang mengkalim kalo mempunyai ballpython berumur 35 tahun, soal benar ato salah, mari qt buktikan sendiri dengan merawat ballpython yg kita koleksi sebaik mungkin. maka siap2lah untuk ditemani ball python dalam waktu yang lama!

3. Kandang untuk Ball python tidaklah rumit
Kandang untuk ball python tidaklah terlalu rumit, kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk ball python, tetapi harus disesuaikan antara ukuran ballpython dan volume container! Volume 40 Galon (97x46x40cm) adalah ukuran yg ideal untuk Ballpython dewasa untuk ukuran yg baby, setengah dari ukuran container BallPython dewasa sudah ideal. Tetapi jangan lupa untuk mengecek tutup kandang ballpython karen aballpython termasuk ular yang pandai melarikan diri.

4. Sediakan Hiding Box (tempat tuk sembunyi)
Selalu sediakan Hiding Box untuk Ballpython terlebih lagi apabila Ballpythonnya masih kecil, hal ini agar ballpython merasa aman dan terlindungi sehingga Ballpython tidak mudah stress, dan jika ball python tidak stress maka nafsu makan akan tetap lancar so artinya secara tidak langsung Hiding box membantu dalam menjaga nafsu makan Ballpython

5. Substrat
Koran bekas sudah merupakan substrat yg bagus untuk Ballpython, Hal ini dikarenakan Koran sangat praktis dan mudah terlihat bersih dan tidaknya koran ygt kita pakai sebagai subtrat. apabila Ballpython sudah dewasa idealnya bs menggunakan cypress bark karena sangat menyerap terhadap cairan dan bisa juga menjaga kelembaban kandang Ballpython. Substrat yg harus kita hindari untuk ball python: cedar (karena getahnya mengandung racun), pine dan aspen (karena dapat menggangu pernapasan Ballpython)

6. Perhatikan Temperature kandang
Suhu ideal untuk kandang Ballpython adalah
Siang hari 27-32 derajat Celcius
Malam hari 22-28 derajat celsius
Tidak ada salahnya untuk menyediakan thermometer di dalam kandang ballpython karena akan sangat memudahkan kita dalam memantau suhu kandang Ballpython.

7. Pencahayaan
Seperti kebanyakan reptil2 lainnya ballpyhon juga memerlukan sinar UVB, untuk memenuhi kebutuhan terhadap sinar UVB kita bisa menyediakan lampu Bohlam UVB..tapi kita bisa juga menjemur Ballpyhon antara pukul 7-11pagi 15 menit dirasa sudah cukup lama untuk menjemur ballpython, matahari merupakan sumber sinar UVB yg paling bagus, tapi jangan lupa untuk mengawasi selama Ballpython dijemur, karena kalo terlalu lama bisa2 Ballpyhon K.O. saat dijemur bila ballpython sudah terlihat gelisah, segera saja diteduhkan.

8. Kelembaban Kandang Ball Python
Ballpython memerlukan kelembaban kandang 50-65%, beli Hygrometer apabila ingin memantau kelembaban kandang Ballpython dengan mudah! Bisa juga diakali dengan menyediakan tempat minum yg relatif besar untuk menjaga kelembaban kandang

9. Menu Makan Ball Python
Menu makan ball python adalah tikus putih (bisa besar ato kecil) menyesuaikan ukuran Ballpython yg akan diberi makan, kalo bisa diajarkan makan tikus yg baru saja mati,hal ini untuk menghindari terjadinya perlawanan dari tikus yang akan dimakan yg memungkinkan melukai ballpython tersebut.

10. Jadwal Makan
Managemen waktu makan, usahakan untuk memberi makan dengan interval waktu yg sama, misal 1 minggu sekali, 3 hari sekali, ato 5 hari sekali hal ini agar nafsu makan ballpython tetap terjaga
Managemen Porsi makan, dalam memebri porsi makan untuk ballpython diusahakan 75% dari kemampuan maksimal dia makan, contoh: ballpython yg berdasarkan ukurannya sudah mampu makan 4 ekor Tiput kecil, cukup diberi makan 3 ekor tiput kecil, hal ini juga untuk menjaga nafsu makan dari ballpython sehingga kita bs menghindari yang namanya mogok makan!
11. Air
Air Bersih harus selalu tersedia di dalam kandang, karena selain sebagai air minum, air juga sebagai tempat berendam ballpython disaat suhu dirasa tinggi dan juga untuk menjaga kelembaban kandang, jadi kalo bisa sediakan wadah air yg cukup untuk dipake ball python berendam. usahakan mengganti setiap hari air di kandang ball python dengan yang baru.

26 komentar:

KriWul-HauL mengatakan...

wahh info yang bermanfaat..makasih yahh..

Unknown mengatakan...

tq

Unknown mengatakan...

thanx ya..

Andi Anang mengatakan...

apa yang harus dilakukan jika BP kita sudah terlanjur mogok makan??

bagaimana mengembalikan nafsu makannya?

terimakasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

mengapa ular piton mempunyai waktu tidur paling lama?

Unknown mengatakan...

Adakah anda masih aktif memberikan info?

Unknown mengatakan...

jadi minat ni , coba ahh pet baru ball python...

Unknown mengatakan...

Ball python klo dikawinin sama dipong bisa gg?

Unknown mengatakan...

Min saya bingung dirumah saya ada baby bp tapi makanan nya jarang yang tikus kecil saran dong dikasih makan apa selain tikus

Unknown mengatakan...

Min saya bingung dirumah saya ada baby bp tapi makanan nya jarang yang tikus kecil saran dong dikasih makan apa selain tikus

Unknown mengatakan...

mungkin bisa dengan dikarantina, tempatkan kandang dalam ruang gelap,dan tenanh, sediakan waterdisk, sekitar kurang lebih seminggu coba berikan pakan tikus yg baru di matikan agar tidak menggigit si bp. hanya sekedar saran kecil.

Unknown mengatakan...

hal tersebut dinamakan hybrid atau persilangan dari jenis yang berbeda.
mengingat resiko yang cukup besar hal tersebut sangat jarang dan sangat sulit dilakukan, namun sudah pernah ada penelitian percobaan mengenai hal trsebut dan menghasilkan ular yg dinamai superball

Unknown mengatakan...

mohon ijin menjawab dikarenakan mungkin ts sedang sibuk.
bisa dicoba dengan pinkis/cindil rat atau mencit.

Unknown mengatakan...

KALau kita mau menetaskan telur Bp,sebaik nya alas untuk telur pakai media apa ya kang?

Anonim mengatakan...

Bp ku mau Shedding... di jemur ngga ya?

Unknown mengatakan...

Apakah BP bisa d kasih makan tikus got/ tikus hitam

Unknown mengatakan...

Kalo misal bp apa molu itu ngiserin mulutnya itu kenapa ya?
N suka sundul kandang terus mrk ini.😩😣

Unknown mengatakan...

Thanks for infonya https://bit.ly/2A1GPz7

Kewirausahaan Dihyat mengatakan...

Goblok lo

Unknown mengatakan...

Ngga agresif kan kalo abis makan?

Penjahat senja mengatakan...

Maaf min kalo misal bp escape biasannya kemana yaa....

Unknown mengatakan...

Apakah ular bisa hidup diruangan ber ac?

Unknown mengatakan...

Apakah BP kalo lg ganti kulit agresif (suka matok) seperti retic? Maaf nanya begitu karna mau meliara BP tp takut di catok

Unknown mengatakan...

Saya mau nanya, saat saya mau ngasih makan baby bp pake mencit, eh taunya tangan saya yg digigit, apa dia salah sasaran atau gimana ya?

Pemainayam.net mengatakan...

Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
• Judi Sabung Ayam Live
• Judi Casino Live
• Judi Bola / Sportsbook
• Judi Slot Online
• Judi Bola Tangkas
• Judi Poker Online
• Judi Domino
• Judi Ceme / Capsa Susun
• Judi Tembak Ikan Online
• Judi Togel Online

Promo Bonus :

» Bonus Deposit Pertama 10%
» Bonus Deposit Harian 5%
» Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
» Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
» Bonus Referral 7% + 2%

Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita

Anonim mengatakan...

Best bitcoin casino sites 2020【VIP】tipsters
Best bitcoin 메리트 카지노 쿠폰 casino sites 2020【WG98.vip】⚡, tipsters, 샌즈카지노 online casino reviews. 온카지노